Wednesday 8 August 2018

KKM K13 Agama Hindu SD 2018

Om Swastyastu,

Budayakan Membaca Secara Lengkap !!!


KKM adalah salah satu dari perangkat pembelajaran yang harus dipenuhi oleh seorang Pendidik oleh karena itu admin berusaha memberikan contoh KKM khususnya Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti.Dibawah ini akan dijelaskan apa itu KKM,Fungsi KKM,Langkah-langkah menentukan KKM.




1.Pengertian KKM :
KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) adalah kriteria paling rendah untuk menyatakan peserta didik mencapai ketuntasan. KKM harus ditetapkan diawal tahun ajaran oleh satuan pendidikan berdasarkan hasil musyawarah guru mata pelajaran di satuan pendidikan atau beberapa satuan pendidikan yang memiliki karakteristik yang hampir sama. Pertimbangan pendidik atau forum KKG/MGMP secara akademis menjadi pertimbangan utama penetapan KKM.
2. Fungsi KKM
  1. 1. Sebagai acuan bagi seorang guru untuk menilai kompetensi peserta didik sesuai dengan Kompetensi       Dasar (KD) suatu mata pelajaran atau Standar Kompetensi (SK)
  2. 2. Sebagai acuan bagi peserta didik untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti pembelajaran
  3. 3. Sebagai target pencapaian penguasaan materi sesuai dengan SK/KD – nya
  4. 4. Sebagai salah satu instrumen dalam melakukan evaluasi pembelajaran
  5. 5. Sebagai “kontrak” pedagogik antara pendidik, peserta didik dan masyarakat (khususnya orang tua dan wali murid)
3. Tahapan Penetapan KKM
Seperti pada uraian diatas bahwa penetapan KKM dilakukan oleh guru atau kelompok guru mata pelajaran. Adapaun langkah dan tahapan penetapan KKM antara lain:
  1. Guru atau kelompok guru menetapkan KKM mata pelajaran dengan mempertimbangkan tiga aspek kriteria, yaitu kompleksitas, daya dukung, dan intake peserta didik. Hasil penetapan KKM indikator berlanjut pada KD, SK hingga KKM mata pelajaran.
  2. Hasil penetapan KKM oleh guru atau kelompok guru mata pelajaran disahkan oleh kepala sekolah untuk dijadikan patokan guru dalam melakukan penilaian
  3. KKM yang ditetapkan disosialisaikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan, yaitu peserta didik, orang tua, dan dinas pendidikan
  4. KKM dicantumkan dalam laporan hasi belajar atau rapor pada saat hasil penilaian dilaporkan kepada orang tua/wali peserta didik
Jadi yang menjadi pertimbangan dalam menentukan KKM adalah kompleksitas, daya dukung, dan intake. Kompleksitas mengacu pada tingkat kesulitan Kompetensi Dasar yang bersangkutan. Daya dukung meliputi kelengkapan mengajar seperti buku, ruang belajar, laboratorium (jika diperlukan) dan lain-lain. Sedangkan Intake merupakan kemampuan penalaran dan daya pikir peserta didik.

4. Langkah-langkah Menentukan KKM :
Menentukan KKM dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik, kompleksitas kompetensi, serta kemampuan sumber daya pendukung meliputi warga sekolah/madrasah, sarana dan prasarana dalam menyelenggarakan. Satuan pendidikan diharapkan meningkatkan kriteria Ketuntasan Belajar secara terus menerus untuk mencapai kriteria ketuntasan ideal.

5. Aspek Kompleksitas (kesulitan dan kerumitan).
Ditentukan bila dalam pelaksanaan pencapaiaan kompetensi menurut:
a. Pemahaman SDM :
1) Memahami kompetensi yang harus dicapai siswa.
2) Memiliki pengetahuan dan kemampuan sesuai bidang studi.

b. Daya kreativitas dan inovasi dalam melaksanakan pembelajaran.
c. Waktu yang diperlukan untuk pencapaian kompetensi (menggunakan metode yang berpariasi)
d. Daya nalar dan kecermatan siswa yang tinggi.
e. Latihan khusus dengan bantuan orang lain.
f. Semakin kompleks atau sukar Kompetisi Dasar(KD) maka nilainya semakin rendah, tetapi semakin mudah KD maka nilainya semakin tinggi.

Aspek Daya Dukung.
  1. Ketersediaan tenaga SDM.
  2. Sarana dan prasarana pendidikan yang sangat dibutuhkan misalnya
  • Biaya Operasional Pendidikan(BOP).
  • Manajemen Sekolah/Madrasah.
  • Kepedulian Stakeholder Sekolah/Madrasah.
Perbandingan antara sarana dan prasarana ideal yang dibutuhkan dengan sarana dan prasarana yang ada. Semakin tinggi daya pendukung maka nilainya semakin tinggi. Aspek Intake siswa (Tingkat kemampuan rata-rata siswa) yaitu; Keberagaman latar belakang, potensi dan kemampuan siwa secara individual)

Aspek Intake

Intake Siswa : ( masukan kemampuan siswa)
Intake siswa tinggi rentang nilainya = 81-100
Intake siswa sedang rentang nilainya = 65-80
Intake siswa rendah rentang nilainya = 50-64
Jika indikatyor memiliki Kreteria sebagai berikut: kompleksitas sedang, daya dukung tinggi, dan intake sedang, maka KKM-nya adalah rata-rata setiap unsur dari kreteria yang telah kita tentukan. ( Dalam menentukan rentang nilai dan menentuikan nilai dari setiap kreteria perlu kesepakatan dalam forum KKG ).



    Jika ada pertanyaan silahkan komentar di bawah ini...
atau bisa Juga chat dan  Telp di :  0819 3825 0650 Atau di bawah ini  : 



CARA DOWNLOAD

    Klik Link yg berwarna merah kemudian sobat Guru akan dibawa pada Link AdFly selanjutnya Klik

 tombol LEWATI sebelah kanan atas
maka sobat Guru akan dibawa ke Halaman

 Mediafire...kemudian Klik tombol Download yg berwarna Hijau

selamat Download

semoga Bermanfaat

  INI HANYA CONTOH KECIL SAJA PAKAI  PANDUAN DALAM PENYUSUNAN RPP DAN 

BUKAN RPP YANG LENGKAP. RPP DAN ADMIN ( PROTA,PROSEM,SILABUS DAN KKM ) YANG LENGKAP, ADA DI ADMIN

JIKA BERMINAT dengan transfer 200 ribu Ke No. Rek di Bawah ini , Bapak lan ibu sampun mendapatkan RPP,Prota,Promes dan silabus kelas 1,2,,3,4,5 dan 6 satu Semester.

NOMOR REKENING

Rek. BRI : 0114-01-005828-53-7 


Rek.BPD.Bali : 023.02.02.02707-9


ATAU BAPAK LAN IBU BISA ME PUNIA SEIKLASNYA N SEWAJARNYA UNTUK 

MENDAPATKAN ADMIN YG LENGKAP GUNA UNTUK MENGHARGAI HASIL KARYA 

ORANG AGAR ORANG TERSEBUT GIAT BERKARYA 

Cara Pengiriman

Pengiriman Data ADMIN PAH SD Revisi 2017 bisa Lewat Email,atau Whats App,

Atau Bisa juga dikirim Via JNE dan J&T  Express ...data yang dikirim adalah berupa CD....atau untuk lebih jelasnya langsung saja datang ketempat ADMIN ( Jalan Flamboyan No.55 Semarapura Kauh, Klungkung Bali Indonesia )

jadi langsung aja KKM Kurikulum 2013  Di Download dibawah ini !




         Jika ada pertanyaan silahkan komentar di bawah ini...
atau bisa Juga chat dan  Telp di :  0819 3825 0650 Atau di bawah ini  :                                             
Berkomentar yang sewajarnya dan sepantasnya yang bersifat membangun ,karna admin baru belajar, jika Bloger ini tidak sesuai dengan maksud dan tujuan anda...silahkan diabaikan saja...
      SUKSMA   



+62 819 3825 0650

Ery Sutantra




sutantoery28@gmail.com











TELAH BANYAK YG PESAN ADMIN DI KAMI....KEPUASAN ANDA KEBAHAGIAN KAMI....JIKA ANDA PESAN KAMI BISA KIRIM ADMIN LEBIH DULU SETELAHNYA BARU DI TRANSFER KE REKENING KAMI YANG DIATAS....

BERYADNYA DI JALUR DHARMA....KEYAKINAN DAN KEPERCAYAAN YANG PALING UTAMA


SALAM RAHAYU


MOGI BERMAANFAAT.....



Om. Santih,Santih,Santih, Om






0 comments :

Post a Comment